Iklan

Js Terkini

7 Fakta Menarik tentang Planet Merah

XMLThemes
15/03/20, 14:44 WIB Last Updated 2020-06-24T06:49:00Z
Robot penjelajah Insight di Mars. Foto: NASA/JPL-Caltech

Mars adalah planet keempat dari Matahari. Selain itu, Mars juga merupakan planet terkecil kedua di tata surya kita setelah Merkurius. Karena penampakan warnanya, Mars sering juga disebut sebagai planet merah. Apalagi yang kamu ketahui tentang Mars?

Nyatanya memang masih banyak fakta-fakta tentang Mars. Berikut ini adalah 7 fakta menarik tentang Mars seperti dikutip dari Brainberries

1. Total daratan Mars


Mars diperkirakan sekitar 15% dari volume dan 10% dari massa Bumi, namun mereka memiliki daratan yang sangat mirip. Hal ini karena Bumi kita tertutupi oleh 70% air sedangkan Mars tidak. Selain itu, gravitasi di Mars hanya 37% dari gaya gravitasi kita (di Bumi). Artinya, jika kalian tinggal di Mars, kalian bisa melompat 3 kali lebih tinggi dari yang kalian bisa lakukan di Bumi.

2. Kenapa Mars disebut Mars?


Tahu tidak, Mars diambil dari nama dewa perang Romawi. Sementara itu, orang-orang Yunani kuno menyebut Mars sebagai Ares, yang secara kebetulan adalah dewa perang mereka. Mengapa kedua peradaban ini menamai Mars dengan nama dewa perang mereka? Konon hal ini karena warna Mars yang merah, melambangkan pertumpahan darah saat perang.

3. Mars ada di Bumi


'Potongan-potongan' Mars sebenarnya telah ditemukan di Bumi, termasuk jumlah jejak atmosfer Mars yang ada di dalam meteorit yang berasal dari Mars. Meteorit tersebut mengorbit tata surya kita selama jutaan tahun sebelum akhirnya memasuki atmosfer kita dan jatuh ke Bumi. Tentu saja, studi tentang meteorit ini memungkinkan kita belajar lebih banyak tentang Mars.

4. Misi ke Mars


Sejauh ini ada 39 misi ke Mars dari Bumi. Semuanya dimulai pada tahun 1960 dengan misi Marsnik 1 USSR. Namun dari 39 misi pendaratan, penjelajahan, dan pengorbitan ke Mars, baru 16 yang sukses.

5. Mars punya gunung tertinggi ke-2 di tata surya


Disebut Olympus Mons, gunung ini tingginya 21 km dan diameter 600 km. Jenis gunung berapi ini terbentuk miliaran tahun lalu. Para ilmuwan baru-baru ini menemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Olympus Mons masih merupakan gunung berapi aktif. Hanya ada satu gunung yang lebih tinggi dari Olympus Mons, yaitu Rheasilvia Central Peak yang berada di asteroid Vesta.

6. Martians atau orang Mars


Mars diyakini dulunya dihuni kehidupan cerdas seperti di Bumi, karena ditemukan jejak berupa garis atau lekukan di permukaan planet. Garis-garis bernama canali ini pertama kali ditemukan oleh astronom Italia Giovanni Schiaparelli. Sayangnya setelah kemajuan ilmu astronomi, garis-garis tersebut terbukti hanya ilusi optik.

7. Mars dinilai ramah untuk ditinggali seumur hidup


Di luar Bumi, Mars disebut planet paling ramah untuk kehidupan di tata surya. Karena itu, ada banyak misi luar angkasa ke Mars yang direncanakan selama beberapa dekade mendatang. Misi-misi ini akan membantu kita memahami lebih lanjut tentang Mars, dan khususnya apakah planet ini dapat menampung kehidupan di luar Bumi atau menjadi planet yang layak untuk koloni Bumi di masa depan.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 7 Fakta Menarik tentang Planet Merah

Terkini

Iklan

Close x